Jumat, Oktober 21, 2016

10 Obat Herbal Asam Urat dan Rematik Buatan Sendiri 100% Alami dan Aman

Obat alami asam urat - Penyakit asam urat atau gout adalah penyakit yang menimbulkan gejala nyeri yang tak tertahankan, rasa panas pada persendian, hingga terjadinya pembengkakan.

Meskipun semua sendi dalam tubuh beresiko terkena penyakit asam urat, akan tetapi yang paling sering terkena adalah sendi di bagian jari tangan, pergelangan kaki, jari tangan dan jari kaki.

Nyeri atau rasa sakit pada bagian persendian yang diakibatkan asam urat sangat hebat dan membuat bagian yang diserang tampak bengkak dan meradang.

Namun kita juga tidak dapat menyimpulkan bahwa semua rasa nyeri di persendian adalah penyakit asam urat. Untuk itu, Anda harus mengetahui bagaimana gejala-gejala yang timbul saat seseorang terkena penyakit ini.


Obat Alami Asam Urat dan Rematik Buatan Sendiri yang Sudah Terbukti AMpuh
Penyakit Asam Urat via. @wikipedia


Gejala Asam Urat

Saat seseorang terkena penyakit asam urat, biasanya ia akan mengalami hal berikut ini.
Orang yang terkena penyakit asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama.

Rasa sakit bisa berlangsung selama 3-10 hari. Pembengkakan tidak hanya terjadi di sendi, namun juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah.

Timbulnya rasa sakit/ nyeri pada bagian persendian, atau terasa ngilu, bahkan tampak bengkak dan meradang (berwarna kemerahan).

Biasanya rasa nyeri tersebut akan timbul dalam dua waktu yaitu malam hari dan pagi hari, saat anda bangun tidur.

Rasa nyeri tersebut terjadi secara berulang-ulang dan menyerang bagian-bagian tubuh seperti, sendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku dan pergelangan tangan.


Penyebab Asam Urat

Menurut situs alodokter.com, penyakit asam urat disebabkan oleh adanya penumpukan asam urat di dalam sendi. Asam urat sendiri merupakan limbah yang dihasilkan dari proses penguraian zat purin yang ada pada sel-sel tubuh.

Sebagian besar asam urat biasanya dibuang melalu ginjal dalam bentuk urine atau  air kencing. sedangkan sebagian lainnya dibuang melalui saluran pencernaan dalam bentuk tinja.

Dalam kadar normal, sebenarnya zat purin juga bermanfaat bagi tubuh. Zai tersebut berperan sebagai pelumas pada persendian.

Akan tetapi, jika zat purin yang dibuang jumlahnya lebih sedikit daripada yang diproduksi, maka kadar zat purin dalam tubuh akan meningkat. Akibatnya akan terjadi penumpukan zat purin di sekitar perendian.

Tumpukan zat purin tersebut akan membentuk kristal-krital tajam di sekitar persendian. Rasa sakit yang dirasakan oleh penderita asam urat selama ini diakibatkan oleh adanya tusukan-tusukan kristal tersebut.

Ada beberapa faktor penyebab yang dapat memicu terjadinya peningkatan kadar zat purin dalam darah, salah satunya adalah makanan berzat purin tinggi yang kita konsumsi. Jenis-jenis makanan tersebut adalah jeroan, seafood, daging merah (sapi, kerbau). Baca juga : Daftar Makanan Tinggi Purin yang Sebaiknya dihindari Oleh Penderita Asam Urat


Obat Tradisional Asam Urat dan Rematik Tanpa Bahan Kimia

Saat ini ada banyak produk obat asam urat. Ada yang berupa olat kimia, ada juga yang berupa obat asam urat herbal.

Untuk penggunaan obat kimia, kami sarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter yang ahli di bidangnya. Agar Anda mendapatkan obat serta tatacara penggunaan yang lebih tepat.

Berikut ini adalah beberapa cara mengobati dan jenis obat asam urat alami yang terbuat dari berbagai tanaman yang dapat dengan mudah ditemukan di sekitar rumah.

1. Ramuan Herbal untuk Asam Urat dari Nanas dan Madu
Anda dapat membuat ramuan herbal untuk mengobati penyakit asam urat dengan menggunakan bahan-bahan alami. Diantaranya dengan menggunakan nanas dan madu. Ramuan ini sudah terbukti efektif dapat meredakan bahkan menyembuhkan penyakit asam urat.

Cara membuat ramuan untuk herbal asam urat :

  • Pertama, kupas kulit nanas dan pisahkan daging buah nanas dari batangnya. 
  • Iris nanas menjadi beberapa bagian tipis.
  • Kemudian letakan buah nanas tersebut ke dalam blender. 
  • Haluskan buah nanas dengan blender hingga bnera-benar halus. 
  • Selanjutnya, tambahkan satu cangkir jus ceri, dan taburi dengan jahe dan kunyit yang telah disediakan.
  • Anda dapat mengonsumsinya setiap hari secara rutin.
  • Simpan ramuan yang sudah kita buat tadi ke dalam wadah kaca, dan pastikan untuk menutupnya dengan baik. Lalu simpan ramuan tersebut di dalam kulkas Anda agar ramuan tersbut lebih awet dan tidak busuk.
  • Jika Anda ingin, Anda dapat menambahkan madu untuk rasa yang lebih baik, dan jumlah jahe dan kunyit dapat bervariasi juga. Obat alami asam urat ini dapat bertahan di lemari es sampai satu bulan. 



2. Kurangi Makanan Yang Tinggi Zat Purin
Kurangi mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat purin misalnya, jeroan, seafood, ekstrak daging (abon, dendeng), makanan yang sudah dikalengkan dsb. Untuk lebih jelasnya, silakan baca artikel sebelumnya tentang pantangan bagi penderita penyakit asam urat.

3. Perbanyak Konsumsi Sayuran


Sayuran Segar Efektif Obati Asam Urat

Dalam bukunya yang berjudul "Alkalinize Or Die" Dr Theodore A mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang bersifat basa (buah-buahan, sayuran segar, serta biji-bijian rendah lemak) dapat menetralkan asam tubuh (darah dan urin), dan hal tersebut akan membantu mempermudah ginjal dalam mengeluarkan asam urat.

4. Konsumsi Jus Buah Cerry


Cara Mengobati Asam Urat dengan Buah Cherry

Minumlah jus buah cerry setiap hari secara rutin, tujuannya yaitu untuk membantu darah dan urin dalam mengimbangi sifat keasamannya.

Selain itu, buah cerry juga kaya akan nutrisi dan kalium, sehingga dapat mengatasi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh asam urat.

5. Konsumsi Jus Lemon


Cara Mengobati Asam Urat dengan Jus Lemon

Konsumsilah buah lemon / jus lemon, karena dengan mengonsumsi jus lemon, akan merangsang tubuh untuk membentuk / memproduksi kalsium kabonat yang berfungsi untuk menetralkan asam urat. (sumber : www.health911.com).

6. Konsumi Buah-buahan Segar


Buah-buahan ampuh obati asam urat

Menurut sebuah penelitian, vitamin C mampu mencegah penyakit asam urat dengan cara meningkatkan kinerja ginjal dalam membuang asam urat yang ada di tubuh kita.

Buah-buahan seperti jeruk, jambu bici dsb, merupakan makanan yang tinggi kandungan vitamin C. Untuk itu, mengonsumsi buah-buahan dapat menjadi cara terlezat untuk mengobati penyakit asam urat.

Kemudian www.health911.com juga menyarankan untuk mengonsumsi vitamin C 1000mg/jam pada awal serangan nyeri akibat asam urat. Setelah itu 500-300mg / hari sebagai langkah pencegahan.

7. Konsumsi Cuka Madu
Mungkin belum banyak orang yang tahu tentang apa itu cuka madu. Cuka madu dibeberapa tepat dikemas dalam produk obat kesehatan.

Konsumsilah cuka madu setiap hari, tujuannya untuk memberikan suasana basa dalam tubuh yang berfungsi untuk menetralkan zat asam dalam tubuh.

Selain itu cuka madu juga berfungsi untuk mempermudah ginjal dalam mengeluarkan asam urat dan menghancurkan kristal-kristal asam urat.

8. Daun Sirsak


Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Sirsak

Daun sirsak memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi, sehingga dapat bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Selain itu, daun sirsak juga dapat meringankan rasa nyeri pada persendian yang disebabkan oleh asam urat.

Maka tak heran jika daun sirsak sering dijadikan obat herbal asam urat. Selain mudah didapat, penggunaannya pun sangat mudah.

  • Sediakan 5-10 lembar daun sirsak
  • Rebus dengan 3 Gelas air putih
  • Tunggu hingga mendidih dan air hanya tersisa 2 gelas saja.
  • Diamkan air rebusan daun sirsak tersebut hingga tidak terlalu panas untuk diminum.
  • Minumlah air rebusan tersebut secara rutin hingga penyakit asam urat Anda sembuh.




9. Daun Sledri


Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Sledri

Sledri mengandung klorin, asam lemak esensial, inositol, sulfur, folat, potasium , mangan , fosfor , selenium, seng. vitamin B1 dan vitamin A, yang semuanya itu sangat diperlukan tubuh.

Tanaman yang biasa dijadikan bumbu masakan ini memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu untuk mengobati penyakit asam urat dan rematik.

  • Sediakan 2-3 gram sledri (secukupnya)
  • Kemudian rebus dengan 110 ml air bersih selama 15-25 menit atau hingga mendidih. 
  • Pisahkan antara ampas dan sarinya dengan cara disaring.
  • Minumlah ramuan herbal asam urat tersebut sebanyak 1 kali per hari.


10. Jahe Merah
Jahe merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan salah satunya yaitu dapat digunakan untuk meringankan bahkan menyembuhkan penyakit asam urat.

Jahe dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan tumbukan asam urat dalam persendian dengan cara memperlancar sirkulari darah.

Anda dapat memperbanyak konsumsi jahe untuk meringankan rasa nyeri akibat penyakit asam urat yang dialami.

Baik itu dikonsumsi secara langsung ataupun diolah menjadi berbagai jenis makanan atau minuman. Tapi ingat! Jahe yang digunakan harus jahe merah.

Baca Juga : 


Tidak ada jaminan setelah mengonsumsi 10 obat herbal asam urat dan rematik yang sudah disebutkan diatas penyakit asam urat Anda akan langsung sembuh. Apalagi yang namanya obat herbal, prosesnya berjalan lambat, dan membutuhkan waktu.

Hanya saja dengan menggunakan obat herbal insyaAllah Anda akan terhindar dari berbagai efek samping. Semoga bermanfaat.

SHARE info ini ke orang-orang terdekat Anda agar lebih banyak lagi orang yang terbantu.

Menyajikan artikel kesehatan, kecantikan, pengobatan alternatif, dan berbagai khasiat tanaman herbal.

Nisim