Jumat, Juni 02, 2017

9 Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung dengan Cepat

Bagaimana cara menghilangkan komedo hitam di hidung dengan cepat? Setelah membaca artikel ini, kamu akan tahu apa yang harus kamu lakukan saat komedo hitam berbaris di hidungmu. Untuk itu, yuk lanjut baca!

Komedo yang biasa muncul di wajah (hidung dan dagu) ini dapat menganggu penampilan kamu, akibatnya rasa percaya diri kamu bisa menurun drastis. Terlebih lagi untuk komedo yang berwarna hitam.

Bicara soal cara menghilangkan komedo hitam, penting sekali bagi kamu untuk mengetahui informasi tentang jenis-jenis komedo. Karena beda jenis komedo, beda pula cara mengatasinya.

Menghilangkan komedo hitam dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti, mengonsumsi obat penghilang komedo, melakukan perawatan ke dokter spesialis kulit, hingga dengan menggunakan cara tradisional.

Nah, sedangkan cara yang akan dibahas dalam artikel ini adalah cara menghilangkan komedo hitam di hidung dengan bahan alami.

Salah satu alasan mengapa cara menghilangkan komedo hitam secara alami menjadi pilihan, adalah karena cara alami itu dpercaya lebih aman. Selain itu bahan-bahan yang diperlukan jika memilih cara alami juga sangat mudah ditemukan baik di rumah ataupun di pasar terdekat.

Gambar komedo hitam parah
Gambar Komedo Hitam






Apa itu komedo hitam?

Komedo hitam paling sering tumbuh di sekitar hidung, hal ini tak lepas dari kondisi kulit wajah yang sangat sensitif baik terhadap debu maupun bakteri.

Apabila kotoran ini menempel di kulit kemudian dibarengi dengan produksi minyak berlebih maka akan muncul benjolan kecil yang mengeras.

Posisi komedo yang berada di luar pori dan tidak tertutup kulit maka akan mengalami oksidasi sehingga warnanya menjadi hitam.

Biasanya jenis komedo hitam ini teksturnya kasar dan sulit sekali untuk dihilangkan, namun kini Anda tidak perlu khawatir karena berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menghilangkan komedo hitam di hidung dengan cepat secara alami yang tumbuh di sekitar hidung, kulit wajah, dan dagu.


Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung


1. Gunakan Putih Telur
Cara menghilangkan komedo hitam secara alami yang pertama adalah dengan memanfaatkan bagian putih telur. Sudah bukan rahasia lagi jika telur merupakan salah satu sumber protein yang berasal dari unggas.

Protein dari telur juga merupakan yang terbaik untuk mengatasi masalah komedo. Selain menhilangkan komedo yang membandel, mengaplikasikan putih telur pada wajah juga dapat digunakan untuk mengencangkan dan mencerahkan wajah kusam.

Cara menghilangkan komedo hitam di hidung dengan putih telur : 
  • Pertama-tama Anda perlu memisahkan antara kuning dan putih telur terlebih dahulu 
  • Kemudian ambil bagian putih telurnya saja.
  • Kocok putih telur hingga berbusa dan tambahkan perasan air jeruk nipis agar tidak terlalu amis.
  • Oleskan masker putih telur ke seluruh bagian wajah menggunakan kuas 
  • Untuk daerah yang berkomedo sebaiknya oles sambil pijit dengan lembut agar komedo terangkat.
  • Apabila masker sudah mengering, bilas menggunakan air hangat hingga semua kotoran bisa terangkat. 
  • Agar bau amisnya hilang, cuci wajah menggunakan facial foam.
👉Tips!
Supaya lebih maksimal, pilihlah telur dari ayam kampung maupun bebek. Untuk bagian komedo yang ada di sekitar hidung, setelah masker dioleskan tempelkan kapas atau tisu dan diamkan hingga kering. Setelah terasa kaku, angkat tisu secara perlahan, maka komedo di bagian ini akan ikut terangkat.


2. Garam Dapur
Bumbu yang pasti tersedia di setiap dapur ini bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan komedo hitam yang ada di sekitar hidung dan wajah. Garam merupakan mineral hasil laut yang tinggi akan kandungan yodium.
Namun penggunaan garam untuk mengatasi masalah komedo tidak bisa dilakukan secara berlebihan mengingat bahan yang satu ini bisa mengakiabatkan iritasi pada kulit.
Jadi sebaiknya hentikan pemakaian garam untuk wajah setelah komedo hilang. Cara menghilangkan komedo hitam di hidung dengan air garam :
  • Pertama-tama harus dihaluskan terlebih dahulu agar tidak melukai kulit wajah. 
  • Untuk melarutkan garam, gunakan perasan air lemon secukupnya.
  • Gunakan larutan garam dan lemon untuk untuk menggosok bagian wajah yang berkomedo cukup 10 detik saja. 
  • Setelah itu diamkan selama 30 menit dan bilas menggunakan air hangat.


3. Kacang Kedelai
Cara menghilangkan komedo hitam secara alami selanjutnya adalah menggunakan kacang kedelai. Kacang memang dikenal sebagai sumber protein nabati, kalsium dan juga berbagai nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bebagai kandungan inilah yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan komedo di wajah Anda.

Cara menghilangkan komedo hitam di hidung dengan kacang kedelai ini juga sangat mudah,
  • Pertama ambil kacang kedelai kurang lebih 50 gram 
  • Lalu rendam dengan air bersih sampai lunak atau sekitar 3-4 jam. 
  • Setelah lunak, cuci bersih kacang sebelum diblender supaya halus.
  • Pasta kacang kedelai ini bisa Anda gunakan sebagai masker wajah. 
  • Oleskan masker ke seluruh wajah menggunakan kuas
  • Bagian yang berkomedo tidak boleh terlewatkan. 
  • Diamkan selama beberapa menit hingga kering sebelum Anda membilasnya menggunkan air bersih.


4. Madu Hangat
Madu merupakan makanan sekaligus obat yang memiliki segudang manfaat. Maka tak heran sejak zaman dahulu madu sering dipergunakan untuk berbagai pengobatan hingga kecantikan kulit.

Bahkan bayak produk kosmetik yang mencampurkan madu sebagai salah satu bahan utamanya. Madu hangat merupakan pilihan tepat untuk mengatasi komedo hitam yang sangat menjengkelkan.

Cara menghilangkan komedo hitam di hidung dengan madu :
Hal yang harus pertama kali dilakukan adalah memanaskannya terlebih dahulu. Tidak perlu banyak, Anda hanya butuh beberapa sendok madu untuk dipanaskan, setelah mengental dan sedikit hangat baru diangkat.

Oleskan madu hangat menggunakan kuas ke bagian wajah yang berkomedo. Jika mau, Anda bisa mengoleskan madu ini ke seluruh bagian wajah. Setelah masker kering, bilas wajah menggunakan air hangat hingga bersih.



5. Air Putih
Mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari bisa dijadikan salah satu cara menghilangkan komedo hitam secara alami di hidung dan wajah dengan biaya yang sangat murah.

Konsumsi air putih yang cukup setiap harinya bisa membantu tubuh mengeluarkan racun-racun di tubuh. Racun yang tidak segera dikeluarkan akan membuat reproduksi sel baru menjadi terganggu.

Sedangkan sel-sel rusak yang tidak segera digantikan dengan sel baru maka akan menumpuk dan menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan komedo hingga jerawat di wajah.  Untuk itu konsumsi cukup air putih setiap hari agar komedo tidak muncul dan komedo yang sudah terlanjur tumbuh bisa hilang.



6. Kayu Manis
Serbuk kayu manis bisa Anda gunakan untuk  mengatasi masalah komedo hitam di wajah. Untuk hasil lebih maksimal Anda bisa mencampurkan beberapa bahan lain dalam racikan obat tradisional ini. Misalnya saja perasan air lemon dan bubuk kunyit.

Cara menghilangkan komedo hitam di hidung secara alami dengan kayu manis memerlukan beberapa langkah supaya bahan ini menjadi pasta. Pertama capurkan ketiga bahan yaitu serbuk kayu manis, serbuk kunyit dan perasan air jeruk nipis.

Selain tinggi akan kandungan Vitamin C yang sangat baik untuk kecantikan kulit, perasan lemon juga bermanfaat agar serbuk kayu manis menjadi pasta.

Oleskan racikan ini ke seluruh wajah sebagai masker. Agar bisa meresap, saat mengoleskan sebaiknya sambil memijit wajah dengan lembut. Setelah merata, diamkan hingga 20 menit dan bilas menggunakan air hangat.


7. Minyak Pohon Teh
Anda bisa memanfaatkan minyak pohon teh untuk menghilangkan masalah komedo hitam yang ada di wajah. Minyak pohon teh bisa dimanfaatkan untuk mangatasi masalah komedo karena kandungan antiseptik dalam minyak ini bisa membunuh bakteri.

Caranya cukup mudah, larutkan beberapa tetes minyak pohon teh ke dalam setengah gelas air. Celupkan kapas ke dalam larutan dan oles ke bagian wajah yang berkomedo lalu biarkan selama 15 menit. Setelah 15 menit bilas menggunakan air hangat.

👉Penting*
Namun cara menghilangkan komedo hitam di hidung dengan minyak pohon teh ini hanya bisa dilakukan oleh Anda yang tidak memiliki alergi terhadap minyak ini.
Untuk memastikan bahwa kulit Anda tidak alergi terhadap minyak pohon teh maka lakukan uji alergi terlebih dahulu. Caranya dengan mengoleskan sedikit minyak ke tangan Anda dan diamkan hingga beberapa saat. Jika tidak ada reaksi yang berarti maka penggunaan bisa dilanjutkan.


Cara Menghilangkan Komedo Hitam Secara Tradisional


8. Pasta Gigi
Percaya atau tidak, ternyata pasta gigi dapat digunakan untuk mengatasi komedo. Pasta gigi mengandung mint yang dipercaya dapat membantu mengangkat komedo. Tapi ingat, agar lebih optimal, pilihlah pasta gigi yang berwarna putih.

Cara menghilangkan komedo hitam di hidung dengan pasta gigi :
  • Bersihkan terlebih dahulu wajah Anda dengan facial foam jika memungkinkan
  • Keringkan wajah Anda dengan handuk
  • Oleskan pasta gigi pada komedo, lalu diamkan selama 10-15 menit
  • Setelah pasta mengering, barulah bilas dengan air hangat
  • Keringkan wajah Anda dengan handuk dan lihat hasilnya.
👉Penting :
Menggunakan cara ini mungkin akan mengakibatkan iritasi pada kulita Anda. Sebaiknya, jangan gunakan cara ini dalam jangka waktu yang lama (berlebihan).


9. Gunakan Scrub Alami
Ada banyak resep scrub alami penghilang komedo, salah satunya yaitu dengan menggunakan campuran kopi hitam dan madu. Scrub ini berfungsi untuk mengangkat kotoran yang terdapat pada pori-pori kulit.

Cara membuat scrub alami :
  • Sediakan -+1 sendok kopi hitam bubuk
  • Campurkan dengan 1 sendok madu, lalu aduk hingga membentuk pasta
Cara menghilangkan komedo hitam dengan scrub alami :
  • Cuci bersih wajah Anda dengan air hangat
  • Balurkan scrub alami tersebut pada area wajah yang berkomedo
  • Lakukan pijatan dengan lembut pada area kulit yang berkomedo
  • Tunggu sekitar 5 menit, lalu bilas dengan air dingin, lalu lihat hasilnya.


Itulah beberapa cara menghilangkan komedo hitam di hidung yang sudah terbukti efektif. Tapi ingat, jangan lakukan semua cara diatas secara bersamaan, cukup pilih salah satu. 
Advertisement

Baca juga:

loading...