Selasa, November 29, 2016

30+ Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Permanen

Cara menghilangkan bau badan - Bau badan yang menyengat disebabkan oleh bakteri dan keringat. Walaupun sebenarnya keringat tidak berbau, tapi hadirnya keringat membantu memperbanyak jumlah bakteri pada tubuh kita. Keringat biasanya muncul setelah manusia beraktivitas, apalagi aktivitas berat.

Bau badan yang menyengat adalah hal yang sangat memalukan dan sumber ketidaknyamanan bagi orang-orang yang ada di sekitar Anda.

Karena saat badan Anda mengeluarkan bau tak sedap, orang lain pasti langsung berfikir bahwa Anda adalah orang yang sangat jorok. Yaudah daripada kelamaan, yuk kita lanjut baca! Tapi sebelum itu, share dulu artikel ini ya!

Inilah 30+7 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Permanen, Cepat dan Mudah!
image by. howhunter.com




Penyebab Bau Badan

Langkah pertama yang harus kita lakukan untuk mengatasi masalah bau badan adalah dengan mengetahui faktor penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapay menjadi penyebab bau badan yang menyengat.

1. Keringat dan Bakteri
Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa bau badan disebabkab oleh bakteri yang bercampur dengan keringat. Keringat dihasilkan dari suatu kelenjar yang ada di dalam tubuh kita yaitu kelenjar accrine dan apocrine.

Kedua kelenjar tersebut memiliki fungsi / peranan yang berbeda. Kelenjar accrine menghasilkan kelenjar bening dan tidak berbau, kelenjar jenis ini sudah diproduksi sejak kita bayi, biasanya keluar di telapak tangan, dahi, dan punggung.

Sedangkan kelenjar apocrine biasanya keluar pada tempat-tempat tertentu yang berhubungan dengan tempat tumbuhnya rambut seperti seperti ketiak, hidung, dan kemaluan.

Kelenjar tersebut produksinya akan meningkat terutama pada saat masa -masa pubertas yang mana jika bercampur dengan bakteri, maka akan menimbulkan bau tak sedap yang kemudian disebut dengan bau badan.

Disadari atau tidak, bau badan dapat mengurangi rasa percaya diri kita dalam bergaul. Orang yang bau badan biasanya akan minder saat berdekatan dengan orang lain. Walaupun sebelumnya sudah memakai parfum, tapi terkadang bau badannya tetap tercium.

2. Disebabkan oleh Penyakit Lain
Beberapa penyebab bau badan lainnya yaitu karena disebabkan oleh gangguan kesehatan lainnya seperti: sembelit kronis, gangguan metabolik dan penyakit hati atau diabetes.


3. Gaya Pola Hidup yang Tak Sehat
Hampir semua penyakit berawal dari sini. Contoh pola hidup yang tak sehat misalnya, jarang mandi, jarang mencuci pakaian, dan masih banyak lagi.

Jika Anda termasuk kedalam kategori ini, maka besar kemungkinan badan Anda memiliki bau badan yang tak sedap.


4. Makanan Penyebab Bau Badan
Selain penyebab yang telah disebutkan diatas, bau badan juga dapat dipicu oleh konsumsi makanan penyebab bau badan dan keringat berlebih seperti makanan pedas, bawang, kol, dan minuman beralkohol.


5. Stress
Berdasarkan artikel yang dimuat di situs liputan6.com, ada berbagai jenis keringat, dan senyawa kimia yang berbicara. Dan keringat yang bau biasanya karena stres.

Ini karena keringat dihasilkan kelenjar keringat yang disebut kelenjar apokrin. Kelenjar apokrin ini menghasilkan keringat yang kurang berair, dan bakteri dari lemak dan protein yang bercampur.

Menurut Mayo Clinic, inilah yang membuat bau. Sementara menurut YouBeauty, keringat dari latihan atau terlalu panas di luar sebagian besar terdiri dari air dan elektrolit.


Cara Menghilangkan Bau Badan

Setelah mengetahui beberapa penyebab bau badan diatas, minimal Anda akan mengetahui apa saja hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Ada beberapa tips mengatasi bau badan menyengat yang dapat Anda coba mulai dari, mengubah pola hidup, hingga menggunakan cara-cara tradisional.

Untuk lebih lengkapnya, silakan simak beberapa cara menghilangkan bau badan permanen yang dapat Anda coba sendiri di rumah.


1. Mandi SecaraTeratur
Menjaga kebersihan tubuh itu sangat penting. Salah satu cara yang dapat kita lakukan agar tubuh tetap bersih adalah dengan mandi secara rutin dan teratur.

Selain dapat membuat tubuh Anda tetap bersih, mandi secara teratur juga dapat membuat Anda terhindar dari berbagai jenis masalah kesehatan, tak terkecuali masalah bau badan ini.

Agar tubuh Anda tetap bersih, sebaiknya mandi dilakukan 2 kali sehari. Akan lebih baik lagi jika sabun yang Ada gunakan adalah sabun antibakteri.


2. Jangan Gunakan Pakaian Sebelum Badan Benar-benar Kering
Nah ini juga penting loh. Setia kali sehabis mandi, jangan langsung menggunakan pakaian sebelum tubuh Anda benar-benar kering.

Karena jika tidak, tubuh Anda akan ada dalam keadaan lembab. Keadaan kulit yang lembab sangat disukai oleh bakteri. Nah, bakteri inilah yang akan menyebabkan bau badan.

Selain dapat menyebabkan bau badan, bakteri ini juga dapat mendatangkan masalah kulit lainnya seperti kudis, panu, dan lain sebagainya. Untuk itu, jangan dulu menggunakan pakaian, sebelum tubuh Anda benar-benar kering.


3. Gunakan Pakaian yang Tepat
Memilih pakaian jangan sekedar mempertimbangkan gaya. Tapi perhatikan juga kenyemanan. Ada beberapa jenis pakaian yang kurang tepat untuk digunakan, khususnya bagi Anda yang mengalami masalah keringat berlebih.

Dalam hal ini, gunakan pakaian yang dapat menyerap keringat dengan baik. Tapi tentu saja ini juga tak cukup untuk mengatasi masalah bau badan.


4. Hindari Makanan Penyebab Keringat Berlebih
Jika Anda mempunya masalah keringat berlebih, sebaiknya hindari makanan atau minuman tertentu seperti makanan pedas, minuman panas, kopi atau minuman beralkohol.


5. Hindari Makanan dan Minuman Penyebab Bau Badan
Terkadang bau badan yang menyengat tidak selalu disebabkan oleh pola hidup yang jorok. Bau badan juga dapat disebabkan oleh konsumsi makanan penyebab bau badan secara berlebih.

Beberapa makanan yang dapat menyebabkan bau badan diantaranya: bawang merah, kol, alkohol dan kafein, daging merah dan rempah-rempah.

Anda tidak perlu berhenti mengonsumsi jenis makanan yang telah disebutkan diatas. Anda hanya perlu mengurangi porsinya.


6. Perbanyak Konsumsi Air Putih
Mengonsumsi air putih secara teratur dapat memperlancar sirkulasi cairan di tubuh Anda. Sehingga kotoran dan penyakit di tubuh Anda akan mudah terbuang.

Selain itu, rutin mengnsumsi air putih juga dapat membuat ginjal Anda tetap sehat. Sehingga ginjal dapat berfungsi secara normal dan kesehatan Anda tetap terjaga.


7. Cuci Pakaian Secara Teratur
Pakaian adalah benda yang pertama kali bersentuhan dengan kulit. Sehingga saat tubuh Anda berkeringat, pakainlah yang pertama kali menyerap keringat yang dikeluarkan oleh tubuh Anda.

Jika dibiarkan, tentu saja keringat tersebut akan tertampung dan menempel di pakaian Anda. Jika dibiarkan, maka pakaian tersebut akan mengeluarkan bau yang tak sedap.

Untuk itu, penting sekali untuk mencuci pakaian secara rutin, baik itu baju, pakaian dalam, celana, ataupun kaos kaki dan sepatu. Cucilah pakaian tersebut secara teratur. Jika perlu gunakan pewangi saat mencuci, agar bau tak sedap tersebut hilang.


8. Olahraga Secara Rutin dan Teratur
Olahraga memang aktivitas yang akan membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat. Tapi di samping itu, rutin berolahraga dapat membuang kuman dan kotoran yang ada di pori-pori, bersamaan dengan keluarnya keringat tersebut.

Luangkan waktu Anda miniman 30 menit per minggunya untuk melakukan aktivitas sehat ini. Mungkin efeknya tidak akan langsung terasa, tapi secara perlahan bau tak sedap di tubuh Anda akan berangsur menghilang.

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat-berat, cukup hanya dengan melakukan jogging atau lari santai di sekitar rumah Anda saja sudah cukup.


9. Jangan Membawa Keringat Ke Tempat Tidur
Gimana sih maksudnya? Jadi begini, setiap kali Anda beraktivitas diluar, baik itu bekerja ataupun berolahraga, usahakan setelah keringat kering, Anda langsung mandi.

Jika keringat dibiarkan menempel ditubuh Anda selama semalaman, kerigat tersebut akan mengering dan menambah sel kulit mati.

Selain membuat badan Anda bau,  keringat tersebut juga akan membuat kulit Anda menjadi terlihat lebih gelap.


10. Sedang Haid? Sering-seringlah ganti Pembalut
Khusus untuk Anda yang perempuan, baik disadari ataupun tidak, saat Anda haid, pembalut yag Anda gunakan biasanya akan mengeluarkan bau tak sedap.

Maka dari itu, untuk mengatasi bau tak sedap tersebut, penting sekali untuk rutin mengganti pembalut yang Anda gunakan secara teratur. Selain untuk menghindari bau badan tak sedap, juga baik untuk kesehatan Anda.


11. Jangan Mencukur Bulu Ketiak
Bulu ketiak sebenarnya dapat bermanfaat untuk menyerap keringat. Mencukur bulu ketiak dapat membuat pori-pori kulit di sekitar ketiak membesar. Akibatnya produksi keringat dapat meningkat.

Kadar keringat berlebih ini lah yang dapat mengundang dan bercampur dengan bakteri. Sehingga Badan Anda mengeluarkan bau ta sedap yang menyengat.

Cara Mengatasi Bau Badan dengan Cepat


12. Gunakan Sabun Anti Bakteri
Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa penyebab bau badan tak sedap adalah karena adanya keringat yang bercampur dengan bakteri. Untuk mengatasinya, kita harus membersihkan keringat dan bakteri tersebut.

Cara yang paling mudah untuk membersihkan keringat dan menghilangkan bakteri di tubuh Anda adalah dengan menggunakan sabun anti bakteri.


13. Gunakan Antiperspirant
Keringat memang tidak menimbulkan bau, tetapi keringat dapat mengundang bakteri. Sehingga tubuh Anda menjadi bau. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan antiperspirant.

Perbedaan Antiperspirant dengan Deodoran
Antiperspiran by. gizmodo.com


Antiperspirant ini berfungsi untuk memberikan penyumbatan pada pori-pori kulit. Tujuannya yaitu untuk mengurangi produksi keringat yang berlebihan.

Akan tetapi, antiperspirant juga tidak baik untuk penggunaan jangka panjang. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa pengeluaran keringat itu sangat penting, selama masih dalam kadar normal.

Tak hanya digunakan untuk mengatasi bau badan. Antiperpirant juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau kaki.


14. Gunakan Deodoran
Cara lain untuk menghilangkan bau badan dengan cepat adalah dengan menggunakan deodoran. Cara ini adalah cara paling instan untuk menghilangkan bau badan.

Menggunakan deodoran memang dapat mengatasi bau badan dengan cepat, tapi efeknya hanya untuk sementara. Selain itu, tidak semua jenis deodoran cocok untuk semua jenis kulit.

Maka dari itu, pilihlah deodoran yang berkualitas, dan yang pasti Anda harus memperhatikan apakah deodoran yang digunakan cocok untuk kulit Anda tau sebaliknya.

Indikasi yang muncul saat Anda menggunakan jenis deodoran yang kurang cocok biasanya akan timbul iritasi di kulit ketiak. Kalau sudah begitu, kami sarankan untuk mengganti deodoran yang Anda gunakan.


Penting!
Apakah antiperspiran dengan deodoran itu sama? Tidak. Antiperspiran berfungsi untuk membatasi produksi keringat berlebih. Sedangkan deodoran berfungsi untuk menghilangkan bau tak sedap di badan.


15. Gunakan Parfum
Selain dengan menggunakan antiperspiran dan deodoran, cara cepat untuk menghilangkan bau badan yang menyengat juga dapat dilakukan dengan menggunakan parfum.

Tapi ingat, penggunaan Parfum juga kadang akan menimbulkan iritasi pada jenis kulit tertentu. Untuk itu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai jenis parfum yang sekiranya cocok untuk jenis kulit Anda.


Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami


16. Air Rabusan Daun Sirih
Daun sirih merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah sejak lama dipercaya dapat menghilangkan bau badan.

Caranya:
  • Rebus 10-20 lembar daun sirih dengan 1 ember/baskom air berukuran sedang. 
  • Tunggu hingga airnya benar-benar mendidih. Setelah itu, campur dengan air dingin hingga air tersebut tidak terlalu panas.
  • Kemudian gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk mandi. Agar hasilnya maksimal, Anda bisa gunakan cara ini 1 kali sehari.


17. Minum Air Rebusan Daun Sirih
Selain digunakan untuk mandi, Anda juga dapat menghilangkan bau badan dengan daun sirih dengan cara diminum.

Caranya :
  • Anda hanya perlu merebus 4 lembar (secukupnya) daun sirih segar dengan 2 gelas air. 
  • Kemudian diamkan hingga air tersisa separuhnya. 
  • Tunggu hingga air rebusan daun sirih tersebut agak hangat kemudian minum.

18. Jeruk Nipis
Ambil 1 buah jeruk kemudian otong dan ambil airnya. Setelah itu campurkan air jeruk nipis tersebut dengan daun sirih dan kapur. Selanjutnya anda oleskan pada bagian tubuh yang dipercaya sebagai sumber bau badan seperti ketiak.


19. Gunakan Cengkih
Cengkih merupakan salah satu bagaiana dari rempah-rempah yang dapat kita gunakan untuk mengusir bau badan. Caranya, ambilah beberapa kuntum buah cengkih kemudian rendam dengan air hingga buah cengkih tersebut mengembang.

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Cengkih
Cengkih by.pixabay


Setelah itu airnya diminum. Jika mau, anda juga bisa menambahkan gula agar rasanya lebih enak. Atau anda juga bisa mengoleskan air rendaman cengkih pada ketiak anda.

Dengan menggunakan cengkih, tidak hanya bau badan yang akan hilang. Tapi daun cengkih juga dapat menghilangkan bau mulut.


20. Gunakan Mentimun
Sediakan 1 buah mentimun, kemudian kupas mentimun tersebut. Setelah itu gosok-gosokan buah mentimun tersebut pada bagian badan yang berbau setiap kali anda selesai mandi. Seperti pada ketiak, lipatan tubuh dan kaki.


21. Gunakan Daun Kemangi
Daun kemangi sering kita temui dipasar atau dirumah makan. Biasanya kemangi suka dijadikan urab atau lalap sebagai teman nasi. Konsumsilah daun kemangi secara rutin dipagi dan sore hari maka anda akan terhindar dari yang namanya bau badan


22. Gunakan Jahe
Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang mempunyai rasa pedas dan hangat. Jahe sering dijadikan sebagai bahan minuman hangat ataupun dijadikan sebagai pengganti minyak pijat. Namun kita juga dapat menggunakan jahe sebagai obat untuk mengatasi bau badan.

Kita juga dapat meminum wedang jahe secara teratur agar terhindar dari bau badan. Selain itu kita juga bisa mengosok-gosokan parutan jahe pada bagian ketiak agar terhindar dari bau abdan.


23. Gunakan Kecombrang
Untuk daerah saya (Garut) kecombrang lebih dikenal dengan sebutan "honje" atau "Kantan". Nah, kalau untuk daerah lain saya kurang tahu hehe.

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Kecombrang atau honje
Kecombrang by. pixabay.com


Tapi anda bisa cari info di google tentang apa itu kecombrang. Kecombrang biasanya diambil daun mudanya atau buahnya sebagai bahan untuk membuat rujak, terutma rujak 7 bulanan.

Kecombrang ini rasanya asam. Kecombrang juga dapat kita gunakan untuk mengatasi bau badan, caranya dengan mengkonsumsi keceombrang.

Atau bisa juga dengan menumbuk kecombrang kemudian digosokan di daerah yang menjadi sumber bau badan (ketiak).


24. Gunakan Daun Bluntas
Beluntas merupakan tumbuhan semak yang bercabang banyak, berusuk halus, dan berbulu lembut. Umumnya tumbuhan ini ditanam sebagai tanaman pagar atau bahkan tumbuh liar.

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Daun Beluntas
Daun Beluntas


Tingginya bisa mencapai 3 meter apabila tidak dipangkas, sehingga seringkali ditanam sebagai pagar pekarangan.

Namun ternyata selain dapat digunakan sebagai tanaman pagar, beluntas juga bermanfaat dalam mengatasi bau badan. Caranya yaitu kita hanya perlu mengkonsumsinya sebagai lalapan, ataupun dimasak terlebih dahulu.


25. Gunakan Daun Jambu Biji
Kandungan Asam Oleanolat, Vitamin, Minyak Atsiri, Asam Guajaverin, dan Tanin di dalamnya memungkinkan daun jambu biji memberikan sejuta manfaat bagi kesehatan.

Selain itu, daun jambu biji juga dapat digunakan sebagai obat herbal untuk menghilangkan bau badan tak sedap. Anda bisa menyediakan beberapa lembar daun jambu biji. Kemudian ditumbuk hingga halus.

Setelah itu rebus dengan 1 gelar air. Agar rasanya tidak terlalu kesat, Anda dapat mencampurnya dengan gula. Minumlah air rebusan daun jambu biji tersebut. Anda dapat mengonsumsinya secara rutin agar hasilnya optimal, misal 1 minggu 2 kali.


26. Daun Teh Hijau
Kandungan katekin yang bersifat sebagai anti oksidan, anti bakteri di dalamnya dapat mengatasi berbagai solusi untuk berbagai masalah kesehatan yang terjadi di tubuh Anda. Salah satunya yaitu ampuh untuk mengatasi bau badan.

Sediakan 7 lembar daun teh hijau segar, lalu rebus dengan 3 gelas air. Tunggu hingga air tersebut mendidih dan hanya tersisa 1 gelas.

Tunggu hingga air tersebut tidak terlalu panas untuk di minum. Kemudian konsumsi minuman herbal ini secara rutin agar bau badan di tubuh Anda hilang secara permanen.


27. Daun Singkong
daun singkong juga efektif untuk mengatasi bau badan tak sedap. Bagi Anda yang punya masalah dengan berat badan sering-seringlah mengonsumsi daun singkong. Baik itu dijadikan lalapan ataupun dioleh terlebih dahulu.


28. Daun Serai
Anda hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun serai, kemudian rebus dengan satu baskom air. Kemudian campur dengan air dingin hingga air rebusan tersebut tidak terlalu panas. Gunakan air tersebut untuk mandi. Lakukan cara ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


29. Cuka Apel
Bakteri adalah penyebab badan. Sedangkan cuka sangat ampuh untuk membunuh bakteri. Maka dari itu, kita juga bisa menggunakannya sebagai obat tradisional untuk menghilangkan bau badan.

Caranya :
  • Sediakan cuka apel secukupnya
  • Sediakan kapas atau kain
  • Celupkan kapas atau kain tadi pada cuka apel
  • Lalu oleskan pada bagian tubuh yang mengeluarkan bau tak sedap seperti ketiak, dan kaki.


30. Lemon
Zat asam yang terkandung dalam lemon bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Selain itu juga bersifat anti-bakterial. Sehingga zat tersebut dapat membunuh bakteri yang ada di tubuh Anda.

Mengoleskan air perasan jeruk lemon pada ketiak Anda, dapat bermanfaat untuk mengatasi bau badan yang timbul dari tubuh Anda.


31. baking soda dan jus lemon
Cara lain menggunakan jeruk lemon untuk mengatasi bau badan adalah dengan dijadikan ramuan herbal. Anda hanya perlu mencampurkan air perasan jeruk lemon dengan baking soda. Lalu oleskan pada bagian ketiak.

Baking soda sudah sejak lama diyakini dapat mengatasi masalah keringat berlebih. Sedangkan kandungan asam dalam lemon ampuh untuk membasmi bakteri.

Selain itu, campuran baking soda dengan air perasan jeruk lemon juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau sepatu.


32. Bunga mawar
Bunga mawar, selain indah juga kaya akan manfaat. Disamping dapat gunakan untuk mengatasi serak di tenggorokan. Bunga mawar juga ampuh untuk menghilangkan bau badan.

Caranya Anda hanya perlu mencampurkan air dengan bunga mawar lalu haluskan dengan blender. Setelah itu pisahkan ampas dengan sari bunga mawar. Lalu oleskan pada ketiak.


33. minyak peppermint
Minyak peppermint dipercaya dapat mengurangi bau tak sedap yang timbul dari badan. Caranyapun sangat mudah, Anda hanya perlu mengoleskannya pada area sumber bau, seperti ketiak dan kaki.


34. minyak lavender
Minyak lavender memiliki wangi khas yang dapat digunakan untuk mengurangi bau tak sedap yang dikuarkan oleh badan Anda.

Minyak lavender juga bersifat anti-bakteri dan anti-jamur, sehingga jika digunakan, tidak hanya dapat menghilangkan bau badan, tapi juga dapat mengatasi gatal-gatal dikulit seperti kudis, panu dan lain sebagainya.

Caranya :
  • Sediakan satu gelas air hangat
  • Teteskan beberapa tetes minyak lavender kedalam air tersebut
  • Lalu balurkan pada bagian tubuh yang mengeluarkan bau (ketiak).


35. Daun Sage
Daun sage merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat mengatasi masalah keringat berlebih. Dengan kata lain, daun sage juga dapat digunakan untuk mengatasi bau badan tak sedap dengan cara membatasi produksi keringat di tubuh.

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Daun Sage
Daun Saga by. pixabay.com


Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu merendam daun sage pada air. Setelah itu, celupkan bola kapas kedalamnya, lalu oleskan pada ketiak Anda.


36. Bubuk Cendana
Cendana memiliki banyak manfaat untuk kecantikan seperti dapat melembutkan kulit, menghilangkan jerawat dan bekasnya, hingga berfiat anti-penuaan.

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Bubuk Cendana


Selain itu, bubuk cendana juga bermanfaat untuk menghilangkan bau badan, caranya :
  • Campurkan bubuk cendana dengan air bersih secukupnya hingga membentuk pasta
  • Lalu oleskan pada kulit ketiak Anda.
  • Tunggu hingga mengering dan bilas dengan air hingga benar-benar bersih.
Anda juga dapat mencampurkan pasta bubuk cendana ini dengan cuka apel. 


37. Alkohol
Kandungan alkohol pada minuman memang dapat menyebabkan bau badan. Tapi jika dioleskan langsung pada area tubuh ketiak, justru malah bermanfaat untuk menghilangkan bau badan. Karena alkohon bersifat antibakteri.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menggunakan kapas, kemudian celupkan pada alkohol, lalu oleskan pada ketiak.

Cara Mencegah Bau Badan

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Pepatah ini yang berlaku untuk segala jenis penyakit dan masalah kesehatan, termasuk untuk bau badan. Sebelum kita mengalaminya, sebaiknya kita melakukan pencegahan terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara terbaik untuk mencegah bau badan.
  • Jalani pola hidup yang sehat
  • Mandi secara teratur minimal 2 kali sehari
  • Hindari makanan dan minuman penyebab bau badan
  • Lakukan olahraga secara teratur
  • Gunakan antiperspiran atau anti deodoran ketika hendak bepergian
  • Pilihlah jenis pakaian yang mudah menyerap keringat
  • Cuci dan ganti pakaian Anda secara teratur.

Itulah beberapa tips cara menghilangkan bau badan yang dapat Anda coba di rumah. Bagaimana apakah Anda sudah siapa untuk mencobanya? Pilihlah salah satu tips diatas, dan lakukan secara rutin. Tetapi jika masih belum berhasil, Anda bisa coba tips yang lain.

Jika Anda peduli, tolong BAGIKAN tips bermanfaat ini kepada teman-teman dan orang terkedat Anda. Terimakasih.

loading...