Minggu, Desember 20, 2015

Tips Mengobati Flu atau Pilek yang Berkepanjangan

Tags
Flu berkepanjangan biasanya terjadi akibat pola hidup yang buruk. Jadi, jika saat ini Anda mengalami flu dalam jangka waktu yang lama, mungkin saja itu disebabkan oleh pola hidup Anda yang tidak sehat, misalnya :
  • Kurang pandai menjaga kebersihan lingkungan, akibatnya bakteri penyebab penyakit siap menyerang Anda.
  • Sering tidur terlalu larut malam, akibatnya sistem kekebalan tubuh Anda melemah dan mudah terkena penyakit, tak terkecuali penyakit flu.
  • Pola makan yang tidak teratur dan tidak sehat, juga dapat menjadi salah satu penyebab flu berkepanjangan.
Penyebab dan Cara Mengobati Flu atau Pilek yang Berkepanjangan

Flu, meskipun penyakit ini terbilang ringan, terkadang justru tidak sembuh-sembuh. Padahal kita sudah melakukan berbagai cara agar bisa sembuh dengan segera, namun kesembuhan tak kunjung datang juga. Lalu apa yang harus kita lakukan bila kita menemukan kasus seperti ini?

Dibawah ini kami telah siapkan jawaban atas rasa penasaran Anda, khususnya untuk Anda yang memang masih mengalami flu dalam kurun waktu yang cukup lama. Apa saja saran dari kami ? Simak informasinya dibawah ini.

Cara mengatasi flu yang berkepanjangan

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengobati penyakit flu yang sudah lama tidak sembuh.

1. Cara yang paling mudah adalah dengan menghindari lingkungan kotor, jangan dekati sumber polusi udara. Gunakan masker bila Anda butuh keluar rumah, kemudian Anda harus menghindari kontak langsung dengan orang lain yang juga menderita sakit flu.

Bila Anda merasa panas, jangan nyalakan kipas angin yang bisa memperparah keadaan Anda. Jangan lupa untuk menggunakan baju dan selimut disaat Anda sedang tidur. Cara mudah ini bisa untuk mencegah dan mengatasi flu yang tak kunjung sembuh.

2. Bila Anda tak kunjung sembuh, maka Anda bisa menggunakan obat anti alergi seperti golongan antihistamin H-1, obat ini memang untuk mengobati alergi yang juga telah dikombinasikan dengan dekongestan oral. Atau bisa juga Anda memilih obat lain yang sesuai dengan kondisi Anda menurut resep dokter.

3. Berkonsultasi dengan dokter sesegera mungkin, bila dalam kurun waktu satu minggu Anda tidak sembuh, datang lagi ke dokter tersebut. Baru kemudian Anda meminta untuk dicek lagi apa yang salah dengan kondisi Anda. Sehingga dokter bisa melakukan penanganan yang tepat untuk menyembuhkan penyakit Anda.

Bila Anda mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi flu, seharusnya dalam pengawasan dokter. Karena dosisnya pun harus disesuikan dengan kondisi Anda, jangan sampai asal beli kemudian Anda minum.

Hal ini bisa membuat keadaan Anda lebih buruk jika obatnya tidak sesuai. Bila Anda flu, kenali penyakit flu tersebut dengan baik, jangan sampai Anda biarkan berlarut-larut, karena bisa jadi flu yang tak kunjung sembuh menjadi indikasi penyakit sinusitis. Hal ini adalah efek paling parah dari rangkaian penyakit.

Lakukan ini jika tidak ingin terkena flu berkepanjangan...

Untuk mengantisipasi flu dalam kurun waktu yang lama, Anda juga harus tahu bahwa ada beberapa hal yang perlu Anda hindari sehingga Anda tidak terkena flu. Inilah hal yang perlu diperhatikan.

1. Jangan banyak kegiatan
Bila Anda terserang penyakit flu, jangan sampai Anda melakukan kegiatan diluar kemampuan Anda. Stop untuk melakukan kegiatan yang banyak menghabiskan banyak tenaga. Biarkan diri Anda beristirahat sehingga Anda lebih cepat sembuh.

Hindari kegiatan yang tidak penting atau bisa juga Anda berhenti bekerja selama selang waktu proses penyembuhan Anda.

2. Jangan bergadang
Sehubungan dengan poin nomor satu, Anda harus belajar untuk bisa beristirahat dalam waktu yang lama. Jangan suka bergadang apalagi sampai insomnia. Karena Anda bisa saja terkena penyakit flu dari kegiatan yang tidak menguntungkan ini.

Kurangi jam malam Anda, perbanyak istirahat apalagi disaat Anda sakit sehingga Anda lebih cepat sembuh.

3. Jangan makan junk food
Kemudian kurangi konsumsi junk food disaat Anda masih sakit. Hal ini dikarenakan makanan yang tidak sehat bisa membuat Anda justru menderita sakit flu lebih lama. Apalagi jun food adalah makanan tidak sehat. Hindari makanan sampah ini karena bisa merusak sistem organ tubuh Anda.

4. Jangan mandi air dingin
Dan yang terakhir adalah dengan menghindari mandi menggunakan air dingin. Usahakan mandi dengan air hangat. Karena air dingin bisa membuat tubuh Anda yang tidak stabil menjadi kedinginan bahkan demam.

Jadi hindari sebisa mungkin 4 hal diatas, lakukan lah pengobatan atau perawatan yang bisa mendukung kesembuhan Anda. Demikian informasi mengenai tips mengatasi flu yang berkepanjangan.

Ingat, jangan melakukan hal yang bisa memperparah keadaan. Dan usahakan untuk segera ke dokter untuk mengecek kondisi tubuh Anda. Jangan sampai Anda telat periksa, karena flu bisa menjadi batu loncatan penyakit lainya untuk menyerang tubuh kita.


Penting!
Anda mengalami flu berkepanjangan? Hati-hati, bisa jadi itu adalah gejala penyakit sinusitis. Apa itu penyakit sinusitis? Temukan jawabannya dalam artikel selanjutnya yang tentang "Penyakit Sinusitis".

Advertisement

Baca juga:

loading...