Selasa, September 30, 2014

Fakta dan Manfaat Tomat yang Luar Biasa

Tomat merupakan famiy dari Solanaceae, jangan salah ya tomat itu termasuk kedalam tanaman jenis sayuran bukan buah - buahan. Pada tau gak sayuran ini berasal dari daerah peru dan ekuador loh, terus bagaimana tomat bisa tersebar luas? Pada awalnya benih tomat ini disebar oleh burung, Jadi ketika si burung memakan tomat dia akan mengeluarkan kotorannya yang akan menjadi benih cikal bakal tomat.

Tomat itu diambil dari bahasa Aztek (salah satu suku indian) yakni xitomate atau xitotomate. Dulunya tomat ini di bawa ke eropa oleh Chrishtopher Columbus, kayaknya waktu dulu Columbus berkeliling dunia dia membawa banyak sekali oleh - oleh dari berbagai negara yaa soalnya pasti dia yang sering disebut menyebarkan suatu tanaman - tanaman tertentu :3. Nah Waktu Columbus itu membawa tomat, sayuran ini dianggap sebagai makanan yang sangat beracun dan biasanya hanya dijadikan sebagai tanaman hias.

Khasiat Tomat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat Tomat untuk Kecantikan
Tomat

Tak disangka setelah kini perlahan lahan zaman semakin maju, dilakukanlah berbagai macam penelitian dan akhirnya kita semua mengetahui bahwa tomat memiliki banyak sekali nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Nutrisi yang Dikandung Tomat

  • Air, tentunya sangat bemanfaat bagi kesehatan. Karena tomat mengandung banyak air dan rasanyya segar serta enak makanya terkadang orang salah mengira bahwa tomat itu termasuk kedalam jenis tanaman buah padahal tidak.
  • Protein, protein sangat baik sekali untuk pembentukan otot otot tubuh, kalau kita mengkonsumsi makanan yang mengandung protein berat badan kita akan seimbang dan bisa mempercepat penyembuhan luka.
  • Lemak, jangan khawatir kandungan lemaknya sedikit kok dari 100gr tomat lemak yang dikandung hanya 0,1gr.
  • Serat, Sangat baik untuk pencernaan kita. Sehingga kita tidak akan kesulitan untuk membung air besar dan tidak akan sering mengalami sembelit.
  • Kalori, dalam 100 gr tomat mengandung 21 kalori
  • Kapur, digunakan untuk membentuk otot dan urat syaraf
  • Fosfor, mampu menjaga kekuatan tulang dan gigi agar tetap sehat dan tidak mudah rapuh
  • Tomat juga mengandung banyak sekali vitamin seperti,Vitamin A, Vitamin  B1 (Thiamin), Vitamin B2 (Ribovlavin), Vitamin PP (Niacin), Vitamin C (Ascorbic Acid).

Marga Tomat

1. Lycopersicum esculentum Mill, 
Ketahui mengenai tomat biasa
Kumpulan Varietas Tomat 
Merupakan tomat yang memiliki rasa sangat enak, maka dari itu biasanya orang - orang lebih banyak menanam tomat jenis ini. Jenis tomat inipun memiliki berbagai macam varietas.

2. Lycopersicum pimpinellifolium (Jusl) Mill
Khasiat Dasyat Tomat Anggur
Tomat Anggur
Biasa juga kita panggil sebagai tomat anggur, karena buahnya mirip sekali dengan buah anggur. Ukurannya kecil kecil dan ada dalam satu rangkain. Tomat jenis ini memiliki ruang dua, bijinya halus dan tidak berbulu. Jangan salah tomat ini sangat enak, 1 gagang itu isinya bisa sampai 10 bahkan 40  buah sama seperti halnya buah anggur. Namun karena batangnya sangat rapuh ketika menanam tomat ini kita harus memberikan penyangga.

Jenis Tomat


1. Tomat Biasa (Lycopersicum commune)
Rahasia Nikmat Tomat
Tomat Biasa
Tomat jenis ini memiliki buah bulat pipih, dan bentuknyapun tidak teratur. Biasanya tomat ini sangat baik sekali ditanam didaerah yang dataran rendah.

2. Tomat Apel (Lycopersicum pyriforme)

Bayi Sehat Konsumsi Tomat
Tomat Apel
Tomat ini buahnya bulat bulat dan keras seperti buah apel atau peer. Biasanya tomat jenis ini cocoknya ditanam didaerah pegunungan. Nah biasanya yang kalian sering liat dimini market ataupun dipasar - pasar adalah tomat jenis ini dan tomat biasa.

3. Tomat Kentang (Lycopersicum grandifolium)
Cara Diet dengan Tomat
Tomat Kentang
Buah tomat ini bentuknya padat, bulat dan besar namun tidak sebesar tomat apel. Jadi buah ini juag mirip dengan buah yang dimiliki tomat apel hanya saja ukurannya lebih kecil.

4. Tomat Keriting (Lycopersicum validum)
Ininih Manfaat Tomat
Tomat Roma
Tomat keriting biasanya sering juga dipanggil dengan sebutan tomat roma memiliki tekstur yang keras dan bentuk nyapun sama seperti alpukat hanya saja berwarna merah. Nah tomat ini tuh yang biasanya paling disenangi karena kulitnya tebal dan mampu bertahan dalam perjalan jauh sekalipun. Tomat ini juga biasa dipanggil dengan tomat gandol.

Manfaat Tomat


Sekarang kita akan membiacarakan apasih keajaiban dari tomat - tomat ini sehingga banyak sekali orang yang mengemarinya. dan untuk siapa saja sih manfaat tomat ini sekarang kita intip yukk

1. Manfaat Tomat untuk Wajah
Pasti kalian sudah gak asing lagi, tomat itu sangat baik sekali untuk mejaga kelembapan dan keremajaan dari kulit wajah. Bukan hanya itu tomat ini juga biasa digunakan sebagai masker untuk memutihkan wajah. Untuk menjaga kulit tubuh yang sehat mengkonsumsi tomat sangat wajib. ada juga beberapa manfaat tomat untuk jerawat seperti menghilangkan bekasnya, membantu mengempeskan dan mengecilkan jerawat, dan masih banyak lagi.

2. Manfaat Tomat untuk Diet
Kita sudah tahukan tomat itu mengandung lemak dan kalori yang sangat kecil sehingga tomat biasa digunakan sebgai menu makanan untuk program diet. Apalagi kalau kita memakan tomat anggur setiap hari dan mengurangi makanan yang mengandung banyak lemak atau kalori dijamin kita gak bakalan deh obesitas atau kegemukan malah kita bisa dapet tubuh yang langsing dan ideal.

3. Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil
  • Menjaga daya tahan tubuh ibu, kita tahukan kalau ibu hamil itu rentan sekali terkena penyakit ditambah lagi ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi obat sembarangan karena berbahaya bagi janin.
  • Bisa menurunkan kadar kolestrol dan tekanan darah tinggi
  • Mencegah penyakit kanker dan jantung
  • Menjaga agar ibu dan bayi tidak kekurangan cairan atau dehidrasi
  • Ibu hamil terkadang sering sembelit, makanya mengkonsumsi tomat sangat baik seklai karena dapat memperlancar saluran pencernaan
  • Menjaga calon bayi sehat dan tidak kekurangan oksigen ketika berada didalam rahim ibu
  • Bisa mencegah janin terlahit prematur atau bahkan cacat.
  • Membantu proses pertumbuhan tulang pada bayi yang sedang dikandung ibu.
4. Manfaat Tomat untuk Mata
Mampu mempertajam penglihatan anda, hal ini dikarenakan oleh tomat yang mengandung vitamin A yang sangat baik sekali untuk mata. Selain itu juga menjaga agar maata anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit mata seperti, katarak, mata minus atau bahkan rabun jauh dan dekat.

5. Manfaat Tomat untuk Rambut
Tomat juga bisa digunakan sebagai penyubur rambut. Sayuran satu ini bisa membantu menghias rambut anda menjadi lebih terlihat indah dan halus. Selain itu juga, menjaga kekokohan rambut agar rambur tidak bercabang dan mudah rontok ataupun patah. Tomat mampu merawat rambut anda dari ujung kulit kepala campai ujung rambut.

6. Manfaat Tomat untuk Bayi
  • Sangat baik untuk perkembangan tulang pada bayi
  • Membuat mata bayi menjadi lebih sehat karena tomat banyak sekali mengandung vitamin A
  • Meningkatkan daya tahan tubuh bayi yang masih sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit
  • Mengobati influenza pada bayi
Sudah tahukan sekarang, coba kalian lihat semua point diatas merupakan cakupan dari 
Manfaat Tomat untuk Kesehatan dan Kecantikan. Tomat tidak hanya enak namun juga sangat baik dikonsumsi oleh berbagai umur. Menakjubkan bukan, Makanya ayo Konsumsi tomat setiap hari secukupnya agar tubuh tetap sehat dan kulit semakin cantik. Cobalah berikan juga jus tomat untuk bayi 9 bulan tapi ingat cara memasaknya harus benar jangan salah.

Terimakasih telah berkunjung semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yaaa, jangan lupa untuk memberikan like dan share juga supaya teman - teman anda menjadai tahu. Nantikan Tips yang lainnya. 


Advertisement

Baca juga:

loading...