Kamis, Juli 24, 2014

10 Makanan yang Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh Secara Alami

Makanan penurun kolesterol, pada postingan ini saya akan berbagi info tentang jenis makanan penurun kolesterol tinggi. Sebelumnya saya sudah membahas informasi tentang kolesterol dalam artikel fungsi dan jenis kolesterol. Dalam artikel tersebut saya sudah membahas tentang apa itu kolesterol, jeni-jenis kolesterol serta fungsi kolesterol dalam tubuh kita. Jadi, bisa dibilang artikel ini masih merupakan artikel lanjutan dari artikel tersebut, karena sebelumnya saya juga sudah berjanji akan posting info tentang jenis makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Jenis makanan, buah dan sayur penurun kolesterol tinggi - beberapa jenis makanan ini dapat menurunkan kdadar kolesterol dalam tubuh lho!
Makanan Penurun Kolesterol

Makanan penurun kolesterol tinggi sebenarnya dapat dengan mudah kita temui di sekitar kita, namun biasanya kita hanya memilih makanan yang rasanya lebih enak, tanpa memikirkan bahaya kolesterol tinggi yang sewaktu-waktu dapat mengancam kesehatan kita. Kemarin saya sudah mencoba googling mencari informasi tentang jenis makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh di internet, dan semuanya akan saya rangkum dalam artikel ini.

Makanan Penurun Kadar Kolesterol

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh yang mungkin dapat anda jadikan sebagai menu sehat anda.

1. Bawang Putih
bawang putih
beberapa bulan lalu saya pernah posting informasi tentang manfaat bawang putih, dan salah satunya yaitu dapat menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sebuah lembaga riset di Amerika, American Dietetic Association menyarankan agar kita mengkonsumsi bawang putih sebanayak 600-900 mg atau sekitar 1 siung bawang putih per harinya. Karena bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida (lemak) dalam tubuh sehingga kdar kolesterol dalam tubuh menjadi stabil.



2. Tomat
tomat
Tomat selain dapat kita manfaatkan untuk perawatan kulit ternyata juga mempunyai manfaat lain yaitu dapat menurunkan kadal lemak jahat dalam tubuh. Maka dari itu konsumsilah buah tomat 1 gelas perhari agar anda terhindar dari berbagai penyakit serius yang diakibatkan oleh kolesterol tinggi.







3. Teh Hijau
teh hijau
Tahukah anda, dalam teh hijau ada suatu zat yang disebut theanine atau asam amino utama dalam teh hijau. Zat tersebut dapat meningkatkan kolestrol baik dan mencegah pembentukan kolesterol jahat dalam tubuh. Minumlah 3-4 cangkir teh hijau per hari agar proses penurunan kolesterol dalam tubuh lebih optimal dan akan membuat tubuh anda semakin sehat tentunya.





4. Makanan dan Minuman Berbahan Kedelai
olahan kedelai
Kacang kedelai dapat dengan mudah kita temukan di indonesia terutama dalam jenis makanan seperti tahu, tempe dan susu kedelai. Makanan/minuman tersebut dapat memiliki kandungan protein yang tinggi , selain itu juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.






5. Buah Alpukat
buah alpukat
Buah alpukat ini diperkaya oleh lemak tak jenuh, yang dapat meningkatkan kadar HDL atau lemak baik dalam tubuh. Jadi jika anda ingin sehat, mulailah konsumsi buah alpukat dari sekarang, karena selain enak juga dapat bermanfaat bagi kesehatan.






6. Buah Delima
buah delima / pome
Buah delimat atau yang populer dengan sebutan buah pome ini, jika dikonsumsi secara  rutin, ternyata sangat baik untuk tubuh karena kandungan buah ini dapat mengurangi penumpukan plak kolesterol dalam tubuh dan meningkatkan kadar oksida nitrat yang berfungsi untuk mengurangi plak dalam arteri dalam tubuh kita.





7. Buah Anggur
buah anggur
Jenis buah penurun kolesterol selanjutnya adalah anggur. Buah yang lumayan populer terbut dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, dengan mengkonsumsi dua gelas jus anggur per hari, akan membantu anda agar terhindar dari penyakit yang dipicu oleh kolesterol tinggi.







8. Bayam
bayam
Merupakan sayuran yang juga dapat bermanfaat untuk menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam tubuh, dengan membantu meingkatkan produksi kolesterol baik (HDL)  dan mencegah peningkatan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Maka dari itu, agar terhindar dari bahaya kolesterol tinggi, sebaiknya anda memasukan sayur bayam kedalam menu makan anda. Bayam ini memang kaya akan manfaat, tak heran popeye juga menyukainya hehe.




9. Ikan Salmon
ikan salmon
Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang sangat tinggi yang berfungsi untuk meningkatkan kadar HDL dalam tubuh. Untuk itu, anda juga harus menjadikan ikan ini sebagai menu makan anda.







10. Makanan berbahan kacang-kacangan
kacang-kacangan
kacang-kacangan seperti kacang almon, kedelai, kenari dan kacang tanah memiliki kandungan anti oksida dan omega 3 yang lumayan tinggi dan tentu saja baik untuk kesehatan yang salah satunya dapat menurunkan kolesterol tinggi.







Makanan penurun kolesterol diatas tentu saja tidak asal-asalan disebut sebagai makanan penurun kolesterol melainkan sudah melalui tahap-tahap proses penelitian yang akhirnya terbukti dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Cara menurunkan kolesterol lainnya dapat anda lihat pada artikel fungsi dan jenis kolesterol.

artikel terkait lainnya...


(sumber : wikipedia, tabloid kesehatan, image by : vemale.com )
Advertisement

Baca juga:

loading...