Senin, April 21, 2014

7 Manfaat Buah Noni (Mengkudu) Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Noni (Mengkudu) Bagi Kesehatan – Buah yang mempunyai nama latin Morinda citrifolia ini termasuk dalam keluarga rubiaceae. Buah yang hidup pada daerah tropis ini bisa subur hidup di kepulauan Pasifik, Asia dan Australia. Di beberapa didaerah di Indonesia mempunyai nama sendiri – sendiri untuk menyebut buah mengkudu ini, misalnya saja di Jawa mengkudu ini disebut dengan pace, kemudu ataupun kudu, cangkudu disuku Sunda, kodhuk bagi orang Madura dan juga wengkudu untuk orang Bali menyebutnya.

7 Manfaat Buah Noni (Mengkudu) Bagi Kesehatan

Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan


Untuk masalah manfaatnya sendiri, tak usah ditanykan lagi untuk kesehatan. Ternyata selain beranfaat untuk kesehatan, mengkudu ini juga sering digunakan sebagai campuran rujak. Untuk yang satu ini sangat kental sekali dengan rujak orang jawa pada saat mitoni. Namun, disini saya tidak akan membahas manfaat mengkudu sebagai bahan kuliner, tapi disini saya akan membahas tentang manfaat mengkudu untuk kesehatan. Langsung saja kita simak segundang manfaat mengkudu untuk kesehatan ini. 

Manfaat Noni Juice (Jus Mengkudu) Untuk Kesehatan


1. Mengatasi hipertensi ( tekanan darah tinggi )

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit kronis yang dapat menimbulkan kematian bagi pengidapnya. Namun, anda tidak perlu khawatir jika tidak menemukan obat herbal untuk mengatasi hipertensi ini, gunakan saja mengkudu sebagai obat untuk mengatasinya. Cara menggunakannya adalah dengan mengambil dua buah mengkudu yang telah masak dari pohon, lalu peras dan ambil ambil air perasannya tersebut. Campurkan air perasan tersabut dengan satu sendok makan madu. Lalu minum ramuan tersebut, lakukan hal ini secara rutin dengan meminumnya dua kali dalam sehari.

2. Menghambat sel kanker dan tumor

Panyakit kronis yang juga dapat mengancam keselamatan pengidapnya ini juga bisa anda atasi dengan mengkonsumsi buah mengkudu. Dengan mengkonsumsi mengkudu maka anda sudah menghambat perkembangan sel kanker dan tomur didalam tubuh anda. Untuk cara mengkonsumsinya adalah dengan membuatnya menjadi jus. Anda juga bisa menambahkan sirup ataupun madu asalkan jangan mencampurkannya dengan teh, kopi, atau alkohol pada jus mengkudu.

3. Melancarkan peredaran darah

Salah satu hal yang menghambat dalam peredaran darah adalah penyempitan pada pembuluh darah. Nah, dengan mengkonsumsi mengkudu, maka anda dapat mengatasi penyempitan pembuluh darah tersebut. Kandungan mineral dalam mengkudu ini mampu memperlebar kembali saluran pembuluh darah yang tadinya telah menyempit. Dengan demikian maka jantung tidak akan terlalu keras lagi untuk memompa darah, sehingga tekanan dan peredaran darahpun akan kembali normal.

4. Menurunkan diabetes

Kandungan triterpen dan saponin dalam buah mengkudu terbukti mampu menurunkan kadar gula darah anda. Dengan menurunnya kadar gula darah anda, maka diabetespun juga akan turun. Khasiat ini telah terbukti di Amerika, 26 juta pengidap diabetes di Amerika mampu disembuhkan dengan obat alami yang satu ini.

5. Mengatasi sakit perut

Buah mengkudu ini juga dapat mengatsi sakit perut anda. Caranya adalah dengan mengambil 2 sampai 3 helai daun buah mengkudu, cuci sampai bersih. Jika sudah tumbuk sampai halus kemudian tambahkan garam dan seduh dengan air panas secukupnya. Setelah cukup dingin, saring dan minum air hasil saringan tersebut.

6. Menyembuhkan batuk

Untuk mengobati batuk ini, anda harus mencampurkan sebuah mengkudu dengan setengah genggam dauh bujanggut lalu rebus kedua bahan tersebut dengan 2 gelas air . Jika sudah masak, lalu saring ramuan tersebut, setelah  itu minum air hasil saringannya. Minum ramuan ini setiap pagi dan sore hari.

7. Mengatasi kulit bersisik

Tak hanya untuk kesehatan, buah mengkudu ini juga dapat anda manfaatkan untuk kecantikan. Salah satunya adalah untuk mengatasi masalah kulit bersisik. Caranya ambilah sebuah buah mengkudu, lalu gosokkan pada kulit yang bersisik. Setelah digosokkan, diamkan sekitar 10-15 menit. Jika sudah bilas dengan air bersih.

Itulah beberapa manfaat buah mengkudu untuk kesehatan. jika anda mempunyai keluhan dengan beberapa masalah diatas, silahkan gunakan saja mengkudu sebagai alternatif obat alami. Sekian dulu dari saya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Terima kkasih sudah berkunjung.

Advertisement

Baca juga:

loading...