Jumat, Maret 28, 2014

Bahaya Perut Buncit Bagi Kesehatan

Bahaya Perut Buncit Bagi Kesehatan - Memiliki perut buncit akan membuat sebagian orang tidak nyaman, apalagi dalam urusan berpakaian karena harus memilih jenis pakaian yang menutup perut buncit. Mengatasi perut buncit memang susah jika kita tidak tahu bagaimana caranya. Belum lagi resiko obesitas dan kelebihan berat badan yang bisa membahayakan hidup. Sayangnya tidak banyak juga yang mengetahui bahwa kelebihan lemak diperut juga memiliki resiko berbahaya bagi kesehatan sendiri. Bahkan bagi beberapa orang yang memiliki badan yang ideal kemudian perutnya masih saja buncit bisa jadi terkena masalah kesehatan pula.

Akibat Perut Buncit Bagi Kesehatan

Akibat Perut Buncit


Penyebab perut buncit sendiri biasanya berasal dari hal-hal yang dianggap sepele yang biasanya dilakukan tanpa kita sadari, seperti terlalu banyak ngemil, jarang olahraga dsb. Bagi anda yang sekarang perutnya masih normal, sebaiknya jaga kesehatan tubuh anda dengan pola hidup dan pola makan yang teratur juga dengan olahraga yang dilakukan secara rutin sebagai langkah untuk mencegah perut buncit.

Bagi anda yang sudah terlanjut memiliki perut buncit, segera atasi perut buncit dari sekarang dengan beberapa tips mengecilkan perut buncit yang sudah saya share sebelumnya. Jika tidak, maka anda harus bersiap-siap menanggung resiko akibat perut buncit.

Berikut ini adalah beberapa bahaya memiliki perut buncit :

1. Kolestrol yang tinggi

Lemak bagian perut bisa berubah menjadi asam lemak pada tubuh dan bisa menyebabkan munculnya kolestrol yang buruk dan triglycerides. Asam lemak bebas juga menyebabkan menurunnya tingkat kolestrol baik dalam tubuh. Bersamaan dengan obesitas dibagian perut dan juga kerusakan pada arteri, kolestrol buruk bisa mendatangkan beberapa macam penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau bahkan juga stroke.

2. Penurunan fungsi paru – paru

Beberapa peniliti dari negara Finlandia menemukan bahwa perut yang terlalu besar terkait dengan penurunan volume dan fungsi paru – paru. Dibandingkan dengan seorang pria yang tidak memiliki perut buncit, pria yang memiliki kelebihan lemak pada perut diketahui memiliki nilai buruk saat tes pernafasan. Jika terus – terusan dibiarkan seperti itu maka bisa menyebabkan penyempitan saluran pernafasan dan menimbulkan penyakit paru kronis atau asma.

3. Merusak sistem metabolise tubuh

Penumpukan lemak yang terjadi didalam tubuh memproduksi hormon yang menghambat sistem metabolise. Hal ini bisa mengubah reseptor insulin dalam tubuh, sehingga tubuh mulai kesulitan untuk mengatur tingkat gula darah. Hal itu bisa menyebabkan diabetes pada seseorang yang memiliki perut buncit.


4. Kerusakan pada pembuluh arteri

Setelah dilakukan penilitian pada tahun 2012, ditemukan adanya kaitannya antara kelebihan lemak pada perut atau pada perut buncit dengan kekauan arteri. Peneliti mengamati dua orang dengan obesitas dibagian perut dan obesitas secara umum, kemudian ditemukan hasilnya bahwa peningkatan 0,1 rasio lemak di pinggang bisa menyebabkan resiko kerusakan pada arteri. Jika dibiarkan saja tanpa diberikan penanganan bisa saja mendatangkan penyakit yang mematikan lainnya seperti jantung, dan juga stroke.

5. Penyakit Demensia dan Alzheimer

Siapa sangka bahwa menumpuknya lemak yang berlebihan pada perut bisa menyebaban terjadinya beberapa penyakit yang unik seperti Alzheimer. Pada penelitian tahun 2010 ditemukan bahwa jumlah lemak diperut berkaitan dengan penurunan volume otak pada akhirnya bisa menyebabkan penyakit otak seperti demensia dan juga Alzheimer.

Ternyata banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh perut buncit karena menumpuk lemak pada perut. Sebaiknya biasakan untuk hidup sehat dan hindari beberapa aktivitas yang membuat perut anda semakin buncit. Menunda makan, makan sesuatu yang mengandung gas, tidur setelah makan, jarang olahraga, duduk terlalu lama dan memakan makanan junk food juga bisa menyebabkan perut anda semakin buncit karena tertimbun lemak. Jadi upayakan untuk hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan rutin melakukan olahraga.

Sekain informasi yang kami berikan untuk anda mengenai bahaya perut buncit. Semoga bisa menjadi bacaan yang bermanfaat untuk hidup anda, dan semoga dengan membaca bacaan ini anda bisa hidup dengan lebih sehat lagi. selamat membaca.


Advertisement

Baca juga:

loading...