Selasa, Desember 29, 2015

10 Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami

Apakah Anda pernah mengalami flu dalam jangka waktu yang lama? Berhati-hatilah, karena bisa jadi itu adalah gejala penyakit sinusitis. 

Sebagian penderita penyakit ini, tidak menyadari bahwa ia sedang mengidap penyakit berbahaya ini. Karena gejala penyakit sinusitis hampir mirip dengan gelaja flu biasa.

Untuk mengatasi rasa khawatir Anda mengenai isu penyakit sinusitis, kami akan memberikan informasi lengkapnya, mulai dari :

  • Apa itu Sinusitis
  • Bagaimana gejala penyakit sinusitis
  • Faktor penyebab penyakit sinusitis, dan
  • Bagaimana cara mengobati penyakit sinusitis


Cara Mengobati Penyakit Sinusitis Secara Alami dan Medis


Apa itu sinusitis?

Sinusitis adalah kondisi dimana rongga sinus kita mengalami peradangan. Peradangan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal diantaranya, akibat iritasi atau alergi terhadap bahan kimia yang masuk melalui hidung yang diikuti dengan kumpulan bakteri serta virus.

Keadaan seperti inilah yang paling wajar menyebabkan seseorang terkena penyakit sinusitis. Informasi mengenai penyabab sinusitis, dapat Anda baca pada paragraf selanjutnya.

Sinus adalah salah satu organ dalam sistem pernapasan, biasanya sinus ini berisi udara, hanya saja bila sinus tersumbat oleh cairan yang berisi kuman, maka kuman ini yang akan mengakibatkan infeksi pada organ sinus.

Parahnya lagi bukti berbicara bahwa orang yang menderita penyakit sinus disebabkan akibat flu berkepanjangan dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Bisa jadi flu tersebut awalnya dikarenakan alergi terhadap debu atau hanya polusi udara biasa. Sebenarnya organ sinus ini memiliki fungsi untuk meringankan tulang tengkorak.

Tapi bila terjadi masalah pada organ ini maka akan terjadi kelainan yang menyebabkan sinus tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.


Gejala Penyakit Sinusitis

Ada beberapa catatan yang perlu Anda ketahui yang menjadi gelaja awal seseorang menderita penyakit sinusitis. Apa saja gejala yang biasa dirasakan oleh penderita ? Simak informasinya dibawah ini.

1. Sakit kepala
Yang dirasakan oleh penderita sinusitis pertama kali adalah sakit kepala yang tak kunjung sembuh. Kepala terasa berat dan mengganggu kegiatan Anda.

2. Napas yang bau
Parahnya lagi gejala yang disertai dengan sakit kepala ini juga menyebabkan napas kita menjadi bau yang tidak sedap. Bila kita berbicara atau mengeluarkan napas akan tercium aroma yang tidak sedap.

3. Demam
Orang yang menderita sinusitis diawal juga akan mengalami keadaan demam, kadang suhu naik dan kadang suhu turun tidak menentu.

4. Nyeri diwajah
Karena sinus merupakan salah satu organ yang berada disekitar wajah, maka bila terjadi masalah dengan organ ini wajah pun akan terasa nyeri dan seperti ada yang sakit.

5. Hidung tersumbat
Yang paling umum bisa dirasakan oleh penderita sinusitis adalah hidung yang sering tersumbat. Biasanya hidung tersumbat terjadi pada saat kita tidur atau disaat bangun tidur.

6. Batuk
Batuk juga menjadi gejala awal seseorang yang mengalami penyakit sinusitis, biasanya orang tersebut akan mengalami batuk kering atau bisa juga mengalami batuk berdahak.

7. Keluar lendir dari hidung
Dan yang terakhir adalah keluarnya lendir berwarna hijau pekat dari lubang hidung selama kurun waktu yang lama. Bahkan hal ini juga mengurangi daya penciuman kita. Disisi lain kita juga akan merasakan area mata seperti gatal-gatal, kemudian disertai dengan bersin dan merasakan sakit ketika menelan makanan.


Penyebab Penyakit Sinusitis

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa penyebab utama yang bisa menjadikan Anda terkena sinusitis. Anda pun harus waspada dengan satu hal ini. Apa saja yang bisa memicu seseorang terkena sinusitis? Simak informasinya dibawah ini.

1. Udara kotor
Hindarilah udara kotor, karena dalam udara kotor terdapat banyak kuman, mulai dari bakteri, jamur hingga virus yang bisa saja membuat saluran sinus kita terinfeksi sehingga membuat saluran sinus sakit dan menyebabkan kita menderita penyakit sinusitis ini.

2. Alergi
Bila Anda alergi terhadap suatu barang, makanan atau hewan, berusahalah untuk segera mendapatkan obat yang bisa menyembuhkan alergi tersebut. Bila Anda membiarkan keadaan ini terjadi, kemungkinan Anda akan mengalami pilek dan flu sehingga membuat saluran sinus Anda tidak sehat.

3. Infeksi sinus
Dan inilah akibat ketika kita menghirup udara kotor atau terkena alergi. Kuman akan menginfeksi organ sinus sehingga sinus ini akan mengeluarkan cairan seperti lendir. Ada baiknya bila Anda menjaga kesehatan organ sinus yang memang bermanfaat untuk kita.

4. Flu menahun
Waspadalah terhadap flu menahun, biasanya orang yang flu selama waktu yang lama disertai dengan batuk dan pilek bisa menyebabkan seseorang terindikasi penyakit sinus. Apalagi bila keluar cairan lendir berwarna hijau pekat. Untuk itu, jangan anggap remeh penyakit, sekalipun itu hanya flu biasa. Mengobati penyakit flu sedini mungkin, akan menjadi tahap pencegahan terbaik baik Anda.


Tips Mencegah Penyakit Sinusitis

Setelah mengetahui beberapa hal seperti gejala dan penyebab penyakit sinusitis, maka sekarang saatnya Anda melakukan pencegahan dengan cara-cara dibawah ini.

  1. Hindarilah minuman bersoda, teh dan minuman dingin. Karena minuman tersebut bisa memicu keadaan sinus Anda yang terinfeksi semakin parah.
  2. Anda juga bisa menggunakan humadifier yang berguna untuk menjaga kelembapan kamar untuk mengurangi resiko terkena sinusitis.
  3. Olahraga rutin yang bisa menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh agar Anda terhindar dari penyakit sinusitis, utamakan kegiatan olahraga diluar ruangan meskipun Anda melakukan olahraga ringan.
  4. Anda bisa juga melakukan teknik sederhana dengan menghirup minyak kayu putih atau minyak angin yang mengandung aroma terapi. Selain itu jangan lupa untuk mandi dengan air hangat dan bila Anda kedinginan Anda bisa mengompres badan dengan air hangat pula.

Cara sederhana diatas bisa menghindarkan diri Anda dari penyakit sinusitis yang bisa membuat Anda merasa tidak nyaman.


Cara Mengobati Penyakit Sinusitis secara Tradisional

Selain dengan melakukan cara-cara diatas, Anda juga dapat melakukan cara dibawah ini untuk mengobati penyakit sinusitis tanpa operasi, melainkan dengan menggunakan bahan-bahan alami.


  1. Lidah buaya
    Anda bisa minum sari ldah buaya untuk mengurangi infeksi akibat peradangan di organ sinus. Pilih lidah buaya yang bersih, cuci dan potong menjadi beberapa bagian untuk kemudian di rebus dan Anda minum airnya.
  2. Daun sambiloto
    Orang jawa pasti sangat populer dengan daun jenis ini. Daun sambiloto bisa mengobati sinusitis secara perlahan, caranya adalah dengan mengonsumsi air rebusan sambiloto setiap hari satu kali.
  3. Gurah
    Anda juga bisa melakukan teknik alternatif pengobatan ini, inti dari perawatan ini adalah dengan mengeluarkan cairan dari hidung. Bila Anda rajin melakukan pengobatan alternatif ini maka sinusitis pun bisa sembuh secara perlahan.
  4. Minyak kayu putih
    Seperti yang dijelaskan diatas bahwa cara yang paling mudah untuk mengobati sinusitis adalah dengan menghirup minyak kayu putih yang dicampurkan dengan iar hangat. Lakukan relaksasi ini setiap hari sekali untuk mengurangi keluarnya lendir.


Penanganan Penyakit Sinusitis secara Medis

Ada cara medis yang lebih modern untuk Anda yang ingin melakukan pengobatan sinusitis. Untuk lebih jelasnya simak informasi dibawah ini.


  1. Konsultasi ke dokterPeriksalah ke dokter spesialis THT yang mengerti mengenai kasus infeksi sinusitis. Karena pengobatan yang paling aman adalah melalui pengobatan medis, sehingga Anda bisa mendapat pertolongan langsung yang disesuaikan dengan kondisi Anda saat itu.
  2. Obat Sinusitis
    Anda bisa mengonsumsi obat paracetamol dan dekongestan yang bisa membunuh virus penyebab infeksi sinus, sedangkan untuk Anda yang terkena infeksi sinus akibat bakteri, Anda bisa menggunakan obat antibiotik.

    Antibiotik yang sering digunaan pun seperti amoxilin, cefactor dan contrimoxazole yang disesuaikan dengan jenis bakterinya. Ingat konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.


Ingat selalu untuk melindungi hidung dengan masker dan gunakanlah helm bila Anda sering berkendara dijalan. 

Advertisement

Baca juga:

loading...