Selasa, Juni 30, 2015

8 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil Muda

Bagi ibu yang sedang hamil pasti sering mendengar mitos mengenai air kelapa. Kira - kira mitos tersebut benar atau tidak ya? kebanyakan orang zaman dulu mempercayai apabila mengkonsumsi air kelapa saat sedang hamil muda sampai proses persalinan bayi yang dilahirkan akan menjadi putih bersih. Mungkin sebagian orang percaya dan ada pula yang tidak percaya.Walaupun memang ada yang kebetulan anak yang lahir berkulit putih namun ada juga yang tidak.

Khasiat Air Kelapa Muda Bagi Ibu Hamil

Air kelapa untuk bayi dalam kandungan
image by. coconut-info.net

Kandungan gizi Air Kelapa

Sebenarnya kulit bayi kita yang akan lahir putih atau tidak banyak faktor yang mempengaruhinya. Jadi bukan karena ibunya mengkonsumsi air kelapa atau tidak. Sebab bisa saja faktor gen yang mempengaruhi atau faktor - faktor yang lain. Namun bukan berarti air kelapa tidak bermanfaat bagi ibu hamil. Setelah dilakukan berbagai macam penelitian ternyata air kelapa itu sabgat baik sekali untuk ibu yang sedang hamil muda. Banyak Sekali zat dan nutrisi yang terkadung didalamnya antara lain :

1. Makronutrient
Makronutrient merupakan  berbagai zat makanan yang diperlukan dalam jumlah yang banyak. Namun tetap bukan berarti harus berlebihan. Hanya saja zat tersebut diperlukan dalam jumlah yang banyak karena fungsinya bagi tubuh sangat fatal. Kandungan makronutrient dalam air kelapa antara lain :
  • Karbohidat
  • Protein
  • Lemak

2. Mikronutrient
Mikronutrient merupakan zat gizi atau nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit. Mikronutrient tidak dapat dihasilkan oleh tubuh sehingga kita harus mendapatkannya dari asupan yang kita makan. Mikronutrien ini sendiri digunakan untuk membantu melaksanakan fungsi - fungsi fisiologis. Kandungan mikronitrient dalam Air kelapa antara lain :
  • Kalium
  • Fosfor
  • Zinc
  • Natrium
  • Magnesium
  • Vitamin B3, B5, B6 dan C
Menurut Dr. Peddy Saat Buah kelapa semakin tua, maka kandungan air yang ada dilamnyapun akan semakin sedikit. Sedangkan lemak, kalsium, zat besi, fosfor, serta kalorinya akan semakin tinggi.

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

Setelah mengetahui kandungan yang terdapat pada air kelapa sekarang kita lihat manfaatnya bagi ibu yang sedang mengandung antara lain :

1. Elektrolit Alami
Air kelapa yang masih muda mengandung banyak sekali elektrolit alami diantaranya kalsium, klorida, protasium, magnesium, sodium dll yang mampu mengembalikan stamina dalam tubuh. Ibu hamil biasanya mudah sekali merasa lelah dan dehidrasi. Air kelapa mampu membantu ibu hamil terhindar dari dehidrasi.

2. Bersifat Anti Penyakit
Air kelapa mampu menangkal penyakit dan juga berfungsi sebagai penawar racun dalam tubuh. Kelapa memiliki sifat tersebut karena terdapat kandungan asam lauric didalamnya. Selain penawar racun dan penagkal penyakit asam lauric juga memiliki sifat anti jamur, bakteri, dan virus. Asam Lauric ini merupakan zat yang terkandung dalam ASI (Air Susu Ibu).

3. Membantu Melancarkan Pencernaan
Pada dasarnya ibu hamil susah dalam mencerna makanan. Karena hormon progenteron akan dihasilkan didalam plasenta yang mengakibatkan kerja lambung menjadi lebih lambat. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi air kelapa bisa membantu fungsi perncernaan ibu yang sedang hamil.

4. Melancarkan Buang Air Kecil
Pada saat ibu sedang hamil biasanya akan sulit pula mengeluarkan air seni. Sehingga akan sangat berbahaya karena bisa menyebabkan infeksi pada saluran kemih. Sedangkan dungsi dari buang air kecil itu sendiri untuk mengeluarkan racun dan jangan sampai racun racun tersebut mengendap pada saluran kemih. Nah apabila air kelapa dikonsumsi selama masa kehamilan bisa membantu membersihan saluran kemih dan memperlancar buang air kecil.

5. Heartburn
Siapa yang pernah mendengar istilah ini? heartburn merupakan rasa panas seakan terbakar pada daerah dada atau kepala. Heartburn ini sendiri bisa membuat kesehatan ibu yang sedang hamil terganggu. Heartbun ini bisa dikurangi atau bahkan diatasi dengan cara meminum air kelapa.

6. Antidote (Anti Muntah)
Pada umumnya tanda kehamilan dengan morning sickness atau gejala pusing, mual mual, serta muntah pada kehamilan 3 bulan pertama karena produksi hormon estrogen. Air kelapa ternyata juga mampu mengurangi keluhan morning sickness tadi.

7. Mencegah Keram Kaki
Ibu hamil membutuhkan kurang lebih 4700 mg kalium. Hal inilah yang bisa menyebabkan ibu hamil mengalami keram pada kaki. Air kelapa sebanyak 330 ml mengandung kurang lebih 670mg kalium. Sehingga air kelapa bisa membantu mencegah keram. Namun alangkah baiknya untuk mencegah keram ini ibu hamil harus memakan minimal 3 jenis buah yang kaya akan kalium ataupun berbagai macam lauk yang mengandung kalium yang ada pada sayuran.

8. Meningkatkan High Density Lipoprotein (HDL)
 HDL mampu memperbaiki serta mengurangi kolestrol pada tubuh kita. Sehingga hal ini sangat baik sekali bagi ibu yang sedang hamil. Air kelapa memiliki sedikit kandungan kolestrol dan lemak. Selain itu air kelapa juga mampu meningkatkan kadar kolestrol yang baik atau HDL.

Ternyata Air Kelapa Muda Bermanfaat Bagi Ibu Hamil. Jadi jangan khawatir saat anda mengkonsumsi air kelapa. Walaupun air kelapa belum tentu membuat calon anak menjadi putih bersih. Namun khasiatnya bagi ibu hamil itu sendiri bisa dirasakan. Jadi Konsumsilah air kelapa dan makan makanan yang sehat selama kehamilan. Agar bayi dan ibu menjadi sehat.

Advertisement

Baca juga:

loading...