Kamis, Mei 29, 2014

Perawatan Rambut Rontok Secara Alami

Perawatan Rambut Rontok Secara Alami – Masalah rambut memang selalu ada saja, masalah yang satu sudah teratasi masalah lain muncul. Namun, apapun masalahnya kita harus tetap menjaga mahkota kita ini. Salah satu masalah yang sering muncul adalah masalah rambut rontok. Rambut rontok membuat lebat rambut kita menjadi berkurang.

Saking khawatirnya dengan rabut rontok banyak orang yang langsung pergi kesalon untuk mengatasi rambut rontoknya tersebut. Mereka tidak berpikir bagaimana pengaruh dari bahan kimia yang digunakan di salon tersebut, hanya mengelurakn uang banyak saja. Padahal, jika kita cermat sebenarnya kita bisa melakukan perawatan sendri untuk mengatasi rambut rontok ini, seperti mencegah rambut rontok dengan bahan alami dan melakukan beberapa hal berikut ini.

Perawatan rambut rontok

Mengatasi Rambut Rontok dengan Mudah dan Cepat

Memijat kepala
Dengan melakukan pijatan pada kepala anda, maka aliran darah pada kepala anda bisa lebih lancar serta menjaga folikel rambut agar tetap aktif. Lebih –  lebih lagi jika anda menggunakan minyak sessensial lavender, minyak almon atapun minyak wijen dalam proses pemijatan anda. Anda bisa meminta bantuan teman, keluarga atau orang yang sudah ahli lainnya jika anda belum dapat memijat sendiri kepala anda dengan pandai.

Jangan sering mewarnai rambut
Dijaman sekarang ini memang banyak sekali orang yang mengikuti trend – trend saja tanpa memikirkan kaibatnya. Salah satunya adalah trend mewarnai rambut, mereka sering sekali ganti – ganti warna rambut. Padahal, terlalu sering mewarnai rambut dengan zat kimia berarti sudah merusak kesehatan rambut anda. Zat kimia pada pewarna rambut akan diserap oleh sel – sel rambut, yang mana ini dapat membuat pertumbuhan rambut anda mnejdai terganggu.

Membiarkan rambut kering dengan sendirinya
Ketika selesai melakukan keramas, biarkan rambut anda kering dengan sendirinya secara alami. Jangan sering menggunakan hair dryer, gunakan saja pada saat waktu mepet. Karena dengan menggunakan hair dryer dapat membuat rambut anda menjadi kering dan rontok.

Hair styling 
Sering mengubah gaya rambut juga dapat berpengaruh terhadap kerontokkan rambut anda. Jika anda mempunyai bentuk rambut yang panjang namun tipis (kurang lebat) , lebih disarankan untuk dipotong pendek dan dibentuk dengan model sesuka anda. Gaya rambut seperti ini berguna untuk mencagah rontok serta untuk memberikan kesan lebat pada rambut anda. Namun, semua keputusan tetap ada ditangan anda untuk menentukan model rambut anda.

Jangan terlalu sering mengggunakan topi
Topi memang bermanfaat untuk melindungi kita dari teriknya panas matahari. Tak hanya itu saja, topi sekarang juga banyak digunakan untuk menunjuang penampilan. Banyak sekarang yang memanfaatkan topi agar lebih percaya diri  pada saat bergaul. Namun, tahukah anda bahwa terlalu sering menggunakan topi juga tidak baik untuk kesehatan rambut anda? Terlalu lama menggunkan topi dalam sehari sudah membuat suhu udara sekitar rambut kepala anda menjadi panas dan sirkulasi udara menjadi terhambat. Sehingga dapat menyiksa kulit kepala anda.

Hindari alkohol dan gula, perhatikan asupan protein dan zink
Unntuk dapat mengatasi masalah rambut rontok anda haurs memperhatikan zink. Zink berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut anda. Nah, saat anda mengkonsumsi alkohol, maka zink didalam tubuh anda akan menurun. Akibatnya pertumbuhan rambut anda akan terhambat.

Mengkonsumsi gula terlalu banyak juga tidak baik untuk tubuh. Karena gula ini akan menghasilkan zat glycation yang mana zat ini akan cenderung untuk merusak protein. Ini cukup tidak baik, karena dapat mempercepat proses penuan sel yang berakibat pada kekeringan kulit kepala dan akhirnya rambut rontok.

Nah, kurang lebih itulah beberapa tips perawatan rambut rontok yang dapat anda lakukan. Mungkin anda juga mempunyai tips lain, jika punya silahkan tuliskan saja dikolom komentar untuk wawasan pembaca yang lain. Sekian tips kali ini, semoga bermanfaat bagi anda. 

Advertisement

Baca juga:

loading...