Minggu, Maret 23, 2014

Penderita Diabetes Wajib Hindari Makanan Ini!

Tags
Diabetes atau sering disebut penyakit gula adalah salah satu penyakit yang sulit di sembuhkan. Selain berbahaya penyakit ini akan di wariskan ke keturunan berikutnya. Penyakit ini cukup menyiksa penderitanya karena harus mengontrol perkembangan gula yang dikonsumsi tubuh secara berkala. 

Penderita Diabetes Wajib Hindari Makanan Ini!


Ada banyak cara orang untuk menyembuhkan penyakit ini namun perlu diingat juga faktor makanan yang di konsumsi  harus diperhatikan. Banyaknya makanan dengan berbagai selera rasa mengundang nafsu makan membuat penyakit ini makin sulit disembuhkan. Agar anda tidak mengalami kesalahan dalam memilih makanan yang harus di hindari, penderita diabetes wajib hindari makanan ini :

1. Gula

Gula memang sangat diperlukan tubuh yakni sebagai sumber energi. Dijaman yang modern sekarang  Hampir semua makanan dan minuman kita temukan mengandung gula  karena rasanya yang manis. Tapi bagi penderita diabetes harus menhindari hal ini. Anda boleh saja mengkonsumsi gula namun harus menggunakan takaran yang jelas dan tidak sembarang mencampurkan makanan anda dengan gula berlebih.

2. Nasi putih berlebihan

Nasi putih sebagai makanan pokok orang indonesia mempunyai kandungan karbohidrat tinggi yang mampu menghasilkan gula dalam darah. Penderita diabetes yang sudah lama sebaiknya menghindari konsumsi nasi putih. Anda bisa menggantinya dengan nasi merah atau makanan lain yang mempunyai kandungan gula rendah. Namun jika anda tidak terbiasa mengkonsumi beras merah anda dapat mensiasati mengkonsumsi nasi putih, namun tidak mengkonsumsi nasi putih yang baru saja matang, melainkan sebaiknya didinginkan terlebih dahulu. Atau mencuci beras hingga berkali-kali.

3. Buah-buahan yang memiliki kandungan gula tinggi

semua buah memang rasanya manis karena mengandung gula alami. Ada beberapa buah yang harus dihindari oleh penderita diabetes adalah :

Nanas
Nanas memang memiliki rasa yang menggugah selera, apalagi jika ditambah dengan bumbu rujak dengan rasa asam manis, membuat siapaun tidak tahan untuk mencoba hingga meleleh, namun nanas memiliki kandungan gula yang sangat tinggi yang berpotensi menaikkan kadar gula dalam darah. Sehingga sebaiknya dihindari oleh para penderita diabetes miletus.

Pisang
Tahukah anda jika 1 cangkir pisang memiliki kandungan 15 gram karbohidrat. Adapun nilai GI pada pisang sangatlah tinggi berkisar 46-70. Jadi bagi penderita diabetes sebaiknya mengurangi bahkan harus menghidari konsumsi buah pisang apalagi jika kondisi pisang dala kondisi terlalu matang.

Mangga 
Mangga memiliki kandungan gula yang sangat tinggi bagi penderita diabetes sebaiknya mengurangi mengkonsumsi buah mangga terlebih jika mangga dalam kondisi matang sempurna

Anggur
3 ons anggur mengandung 15 gram karbohidrat, yang dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh

Semangka
Semangka memiliki rasa yang amat segar, apalagi jika kondisi cuaca sedang panas. Buah ini menjadi pilihan pelepas dahaga. Hasil dari para penelitian membuktikan bahwa semangka memiliki akndungan GI sebesar 72. Dan memiliki potensi untuk menaikkan kadar  gula darah

Aprikot
Aprikot memiliki kandungan GI sebanyak 57. Sehingga alangkah baiknya jika anda mengurangi konsumsi buah ini.

Pepaya
Pepaya memiliki kandungan kadar gula hingga 59, serta memiliki niilai kalori yang sangat tinggi.


Baca juga artikel tentang diabetes lainnya : 


penderita diabetes wajib hindari makanan ini !, mie dan pasta sebaiknya juga anda hindari karena makanan cepat saji tersebut memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi. Makanan ini juga diolah dengan menggunakan karbohidrat sederhana seperti gandum dan tepung beras. Semoga informasi tersebut dapat  membantu anda untuk menambah informasi, agar anda mampu memilih makanan yang sesuai untuk kesehatan anda.

Advertisement

Baca juga:

loading...